Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Kabupaten Banjar Gelar Temu Forum Anak Daerah th.2018

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar menggelar Temu Foru...

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar menggelar Temu Forum Anak Daerah 2018, Sabtu, 25 Agustus 2018 yang bertempat di aula Barakat Kantor Pemda Kab. Banjar. Dengan mengusung tema “GENIUS” yakni Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar Ibu Ir. Rusmini, MM. Temu Forum Anak menghadirkan 100 perwakilan Sekolah se-Kabupaten Banjar, dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa Temu Forum Anak tujuannya adalah wadah partisipasi anak di Indonesia sekaligus organisasi penegakan hak anak di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Banjar khususnya.

"Tugas pemerintah salah satunya adalah untuk menyediakan sarana wadah bagi anak-anak sebagai tempat berekpresi dan menegakan hak anak-anak," jelas beliau.

Temu Forum Anak juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Bapak Ir. H. Nasrunsyah beserta Kepala SOPD terkait se-Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini berisi dialog dan diskusi dari anak-anak bersama para pejabat pemerintah seputar program kegiatan Forum Anak Daerah, disana mereka juga menampilkan berbagai hasil karya seperti lukisan pohon harapan dan kerajinan tangan lainnya. Tak hanya itu Kegiatan ini juga di isi dengan pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis, edukasi yang dikemas dalam permainan.

Pembahasan dialog sendiri berisi tentang cara positif penggunaan internet, pengenalan hoax, sosmed, kesehatan, bahaya narkoba sampai kesenian.

Anak-anak pun antusias untuk bertanya, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar menambahkan dan menghimbau bahwa dalam hal ini anak-anak tidak usah segan untuk berkonsultasi kepada tiap-tiap SOPD sesuai dengan tupoksinya karena terciptanya kota layak anak adalah tanggung jawab bersama, tambahnya.

Kegiatan berlanjut pada hari minggu 26 Agustus 2018, di RTH Ratu Zalecha Martapura dalam rangka hari anak Nasiona, kembali Forum Anak Daerah bersama Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar mengumpulkan sedikitnya seribu anak dilapangan tersebut. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ketua DPRD beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjar, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kal-Sel, Plt Kadis P2KBP3A Kabupaten Banjar, Ketua GOW, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banjar, Kepala SOPD se-Kabupaten Banjar serta Forum Anak Daerah Kabupaten Banjar.

Sekretaris Daerah Ir. H. Nasrunsyah membacakan sambutan Wakil Bupati sekaligus membuka acara tersebut, dalam sambutannya beliau menghimbau dan mengajak kepada para orang tua maupun masyarakat untuk mengajarkan segala kebaikan kapada anak-anak kita, agar kelak mereka menjadi SDM yang bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada saat itu diantaranya penyerahan akte kelahiran secara simbolis, pengambilan sumpah pengurus FAD Kabupaten Banjar, beserta hiburan.

Kegiatan seperti ini dilaksanakan juga bertujuan agar anak-anak daerah bisa menjadi lebih solid dengan pemerintah, untuk menciptakan kota layak anak di Kabupaten Banjar, yang mana kedepannya di Kabupaten Banjar akan menghasilkan para generasi penerus yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.











Arsip Blog