Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Dinsos P3AP2KB gelar Pelayanan KB MKJP awal Tahun di tiga Kecamatan

Dalam rangka pelayanan KB di awal tahun 2023, Kabupaten Banjar menyelenggarakan Kick Off Pelayanan KB Metode kontrasepsi Jangka Panjang (MKJ...

Dalam rangka pelayanan KB di awal tahun 2023, Kabupaten Banjar menyelenggarakan Kick Off Pelayanan KB Metode kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada Selasa (17/1/2023), pelayanan tersebut dilaksanakan berturut-turut hingga Kamis 19 Januari 2023. Dimulai dengan kecamatan Aluh-Aluh untuk pelayanan MKJP IUD dan Implan.

Hal ini disambut baik Camat Aluh-Aluh Aditya Yudi Dharma, dalam sambutannya beliau mengapresiasi peran serta masyarakat untuk mensukseskan program BKKBN menuju keluarga sejahtera khususnya koordinator PKB Kecamatan Aluh-Aluh H. Misbahul Munir beserta para kader, tak lupa juga ucapan terimakasih kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel beserta jajarannya serta Kabid KB beserta tim dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kab. Banjar yang hadir memberikan pelayanan pada kesempatan tersebut.

"Melihat antusias masyarakat yang hadir, berarti program BKKBN sudah berhasil di implementasikan, untuk menghindari 4T, yakni terlalu muda, terlalu tua, terlalu dekat, dan terlalu banyak untuk ibu melahirkan, mudah-mudahan di tahun 2023 kegiatan seperti ini bisa terus berkesinambungan dan para peserta pelayanan yang sudah dipasangkan alat kontrasepsi tolong sebar luaskan manfaatnya agar bisa menarik minat masyarakat lain untuk ikut berperan serta juga kedepannya", harap Aditya.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel H. Ramlan, dalam arahannya mengenalkan produk baru alat kontrasepsi yaitu implan 1 batang untuk jangka waktu 3 tahun yang dulunya untuk jangka waktu 3 tahun harus memakai 2 batang, kemudian Pil KB menyusui progestin, yang mana pil tersebut tidak berpengaruh untuk ASI dan, juga suntik cukup 1 cc utk 3 bln.

"Dengan mengikuti pelayanan KB diharapkan sebagai salah satu upaya percepatan penurunan stunting di wilayah kita, dengan begitu kelahiran anak bisa direncanakan dan diatur secara ideal melihat kematangan usia ibu, jumlah anak, lingkungan dan berbagai aspek yang mempengaruhi, sehingga tidak asal lahir saja dan bisa terindikasi stunting", ungkap H. Ramlan.

Alfisah, selaku Kabid KB yang dalam kesempatan tersebut juga turut membantu pemasangan Alat kontrasepsi menambahkan "saat ini tim pelayanan kami melalui MUYAN (Mobil Unit Pelayanan KB) dengan metode jemput bola masih efektif dilakukan di Kecamatan, di dua tempat yg disediakan yakni di aula Kecamatan dan di MUYAN masyarakat lebih memilih dilayani di MUYAN, kami bersama  PKB Kecamatan dan Puskesmas akan terus berupaya untuk meningkatkan jumlah akseptor di Kabupaten Banjar dan hal ini tak dapat terlaksana tanpa kerjasama yang baik serta kesadaran masyarakat sendiri untuk bisa ikut berperan mensukseskan program BKKBN mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera, sehat cerdas ceria". Pungkasnya.

Hingga akhir kegiatan pelayanan, sebanyak 43 akseptor telah dilayani untuk pemasangan alat kontrasepsi IUD sebanyak 5 orang dan Implan sebanyak 38 orang.





 

Arsip Blog