Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

PEMUTARAN FILEM DAN PELAYANAN KB GRATIS DALAM RANGKA BHAKTI SOSIAL KB KES TNI DAN UPACARA PEMBUKAAN TMMD KE-98

Dalam rangka memeriahkan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa di Kecamatan Cintapuri, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pembe...

Dalam rangka memeriahkan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa di Kecamatan Cintapuri, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, diantaranya pemutaran film sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Tepatnya Selasa malam, 4 april 2017 bertempat di Balai Desa Kecamatan Cintapuri, sedikitnya 50 warga berkumpul untuk menikmati hiburan yang disajikan oleh Tim dari DP2KBP3A, kesempatan ini juga diisi dengan selingan iklan KB, Bahaya Pernikahan Dini dll.

Masyarakat merasa terhibur dengan adanya pemutaran film ini, bahkan salah seorang warga mengatakan sudah bisa nonton film dapat informasi lagi, katanya. Sosialisasi Keluarga Berencana dengan media hiburan seperti ini masih sangat diminati masyarakat khususnya yang bermukim dipedesaan, dikarenakan minimnya hiburan yang mereka peroleh setelah seharian sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Masih dalam acara TMMD di Kecamatan Cintapuri, Rabu 5 April 2017 dihalaman Sekolah Dasar Kecamatan CIntapuri, pembukaan acara TMMD ke- 98 berlangsung meriah. Banyak instansi atau mitra kerja terkait yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, diantaranya dari Dinas Kesehatan yang mengadakan sunatan gratis, PMI yang melaksanakan Donor darah gratis, dan DP2KBP3A Kab. Banjar yang tentunya juga melaksanakan pelayanan KB gratis bagi masyrarakat Kecamatan Cintapuri.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Banjar, KH. Khalilurrahman juga dihadiri diantaranya Polres Banjar, Satpol PP, Dishub, dan anak-anak sekolah.

Kegiatan TMMD ini sendiri dilaksanakan bertujuan agar Desa Cintapuri Kecamatan Cintapuri Darussalam dalam waktu dekat bulan depan akan memiliki akses jalan menuju menghubungkan desa Garis Binuang dengan garis panggang. Pengerjaan dan pelebaran sepanjang 3000 meter dan lebar 6 meter ini nantinya akan segera dikerjakan oleh Kodim 1006/Martapura melalui program pemerintah TMMD. Komandan Kodim 1006/ Martapura Letkol Arm Andi Martopo.SE, mengatakan program Tentara Manunggal Masuk Desa adalah program Komando atas Mabes TNI- AD yang merupakan program membantu rakyat yang bekerja secara bersama dengan pemerintah yang pada setiap tahun ada dalam pekerjaannya membantu masyarakat dalam membangun daerah.

Untuk sasaran dalam TMMD yang sudah direncanakan, Dandim mengatakan bahwa akses jalan lah yang pertama kita kerja , karena jalan ini adalah jalan utama menghubungkan desa sebagai sarana masyarakat dalam lalu lintas terlebih jalan usaha tani mereka. Pekerjaan tambah dengan membangun rehab tempat ibadah, jambanisasi untuk masyarakat, poskamling serta rehab rumah. Kita sudah melakukan peninjauan dan melakukan pemetaan lokasi tersebut bersama Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang Kab. Banjar dimana semua kita harus berdasarkan keadaan kondisi fisik dilapangan, ujarnya.

Ditambahkannya bukan hanya badan jalan saja yang kita bangunan, program sasaran fisik maupun non fisik akan kita kerjakan yaitu melaksankan Komsos kreatif dengan membantu anak- anak sekolah membina mereka dengan membimbing jiwa nilai juang NKRI. Kodim 1006/Mtp sendiri dalam waktu dekat sudah memulai pekerjaan ini dengan mengerahkan anggota melalui Pra TMMD, sehingga pekerjaan dan sasaran dapat dilaksanakan dengan baik.

Ditempat yang sama posko DP2KBP3A juga ramai didatangi para ibu-ibu, awalnya mereka hanya sekedar bertanya seputar pemasangan alat kontrasepsi, dan dijelaskan secara langsung oleh Kabid KB KS Alfisah SKM,MM tentang seperti apa alat kontrasepsi berupa implant yang dipasang ditangan dan fungsi alat kontrasepsi tersebut secara detail hingga akhirnya mereka berani memasang alat kontrasepsi berupa implant sedikitnya 13 orang akseptor sudah mengikuti pelayanan yang diberikan oleh DP2KBP3A Kab. Banjar. Alfisah SKM,MM menambahkan bahwa kapan pun dan dimanapun DP2KBP3A akan siap berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai mitra kerja kita harus memberikan yang terbaik untuk meningkatkan MKJP dan kelancaran seluruh acara, ujar beliau.

Dan dengan di adakannya kegiatan ini di harapkan terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan mandiri melalui Tentara Manunggal Masuk Desa Ke-98 Kodim 1006/ Kabupaten Banjar adalah pemberdayaan yang sinergis dan terpadu Misi Memantapkan keterpaduan program Masyarakat Desa dalam tahap Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian maupun tindak lanjut Pembangunan dan meningkatkan kembali kesejahteraan Desa/Kelurahan.






















Arsip Blog