Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Dinsos P3AP2KB Kab Banjar Gelar Pelayanan KB Gratis dan Kampanye Pemberian Tablet Tambah Darah

Dalam upaya pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing melalui terwujudnya keluarga berkualitas, perlu dilaksanakan progr...

Dalam upaya pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing melalui terwujudnya keluarga berkualitas, perlu dilaksanakan program Keluarga Berencana (KB). Program KB untuk mengatur kehamilan, menjaga kesehatan dan menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak, meningkatkan akses dan kualitas informasi, konseling dan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi serta sebagai upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia.

Upaya peningkatan capaian pelayanan KB serta menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur (PUS), di antaranya melalui peningkatan peran fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan KB berupa penyediaan alat dan obat kontrasepsi, penyediaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan/atau Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) penggerakan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kab. Banjar melaksanakan Kegiatan Pelayanan KB MKJP sekaligus kampanye Pemberian Tablet Tambah Darah kejasama Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Kamis (23/2/2023) di halaman Kecamatan Gambut.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Kab Banjar Hj. Nurgita Tiyas di dampingi, Kepala Dinsos P3AP2KB Kab Banjar Hj. Siti Hamidah, Kepala Dinas PMD Kab Banjar H. Syahrialludin, Kepala Dinas KUMPP Kab Banjar I Gusti Made Suryawati, Kepala Dinas Pendidikan Kab Banjar Liana Penny,  Kabid KB Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Dr. Mahendra Prakosa, Kabid KB Dinsos P3AP2KB Kab Banjar Alfisah, Camat Gambut beserta tamu undangan dari Dinas terkait.

Dalam Sambutannya Hj. Nurgita Tiyas menyampaikan bahwa sekarang remaja kita rentan sekali dengan yang namanya anemia, remaja putri sedang memasuki fase tumbuh kembang yang cukup pesat sehingga tubuhnya membutuhkan zat besi lebih banyak ketimbang masa kanak-kanak.

Pelayanan KB Mobile MKJP yang dilakukan di dua tempat yakni di Mobil Unit Pelayanan (MUYAN) dan di Kantor Kecamatan dengan akseptor dari Kec Gambut, Kec Sungai Tabuk, Kec Kertak Hanyar sejumlah 56 orang dengan alkon IUD sebanyak 9 orang dan 47 Implan.

Di tempat lain penyuluhan terkait pentingnya tablet tambah darah untuk remaja yang disampaikan Kabid KB Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Dr. Mahendra Prakosa dengan peserta dari siswi sekolah menengah sampai remaja setempat.

“Ini adalah Pelayanan terakhir KB Mobile di bulan ini, setelah beberapa pelayanan KB Mobile di Kecamatan Sungai Tabuk, Astambul, Karang Intan, dan Mataraman hal ini dilakukan untuk mencegah putus pakai pemakaian alat kontrasepsi khususnya dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang”, ungkap Alfisah.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan beberapa bingkisan untuk anak-anak sampai ibu hamil berupa souvenir, vitamin dan lain-lain, kursi roda untuk lansia secara simbolis oleh Ketua TP PKK dilanjutkan dengan mengunjungi pelayanan KB di MUYAN.


 

Arsip Blog