Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

KB Bergerak (Mobile) di Kec. Sungai Pinang Pelayanan KB MKJP

Saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang kemudian berdampak pada seluruh aspek kehidupan termasuk penyelenggaraan pelayanan KB. Berd...

Saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang kemudian berdampak pada seluruh aspek kehidupan termasuk penyelenggaraan pelayanan KB. Berdasarkan data Statistik Rutin BKKBN, capaian peserta KB Baru mengalami penurunan secara signifikan.

Disamping itu terdapat beberapa tantangan dalam pelayanan KB pada masa pandemi ini diantaranya keterbatasan akses terhadap pelayanan di fasilitas kesehatan.

Adanya pandemi Covid-19 berdampak juga pada peningkatan Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) sebagai akibat dari penurunan kesertaan KB dan peningkatan angka putus pakai kontrasepsi.

Hal tersebut menjadi perhatian bahwa pencapaian program Keluarga Berencana sangant ditentukan oleh kesertaan masyarakat terutama dalam hal ini Pasangan Usia Subur (PUS) dalam ber KB.

Untuk meningkatan capaian peserta KB MKJP dan mencegah terjadinya putus pakai kontrasepsi karena kondisi pandemi Covid-19, maka Dinas P2KBP3A melaksanakan pelayanan KB Bergerak (Mobile) yang bekerja sama dengan puskesmas setempat.
Sudah beberapa kecamatan di laksanakan pelayanan KB melalui Mobile Pelayanan KB.

Rabu, 23 September 2020, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar KB Bergerak (Mobile) di Kec. Sungai Pinang Pelayanan KB MKJP di laksanakan di mobile pelayanan dan di Balai Penyuluh KB Kec. Sungai Pinang. Sebelum pelaksanaan pelayanan ada arahan dari Camat Sungai Pinang Bapak Suharto, dari Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) yang di sampaikan oleh Kabid KB KS Ibu Alfisah, SKM. MM, Hadir pula Danramil, Kapolsek dan Kepala Puskesmas Sungai Pinang, Kordinator Penyuluh KB, Bidan dan Petugas Medis Puskesmas Sungai Pinang, dan para calon akseptor.

Camat menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar yang telah menfasilitasi kegiatan Pelayanan KB tersebut sehingga masyarakat Sungai Pinang dapat terlayani dan agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

Dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).
Guna mengatasi dampak dari pandemi Covid-19 ini yaitu terjadinya Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) dan putus pakai alat kontrasepsi, melalui rangkaian Kegiatan Hari Kontrasepsi Sedunia dan KB Kes TNI Tahun 2020, maka Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) melaksanakan kegiatan Pelayanan KB Mobile (Pelayanan KB Bergerak) dalam Rangka mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat serta bekerja sama dengan pihak puskesmas.

Dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar disampaikan oleh Kepala Bidang KB KS oleh Ibu Alfisah, SKM. MM.

Terimakasih kepada Camat dan seluruh mitra kerja atas dukungan dan atas kerjasamanya sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar, terlayani peserta KB Implant sebanyak 34, dan peserta KB IUD 1.

Arsip Blog