Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Dinas P2KBP3A Kembali Gelar Sosialisasi 1000 HPK dan Pelayanan Gratis di Kec. Tatah Makmur

28/10/2021 Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar kembali gelar pelayanan KB gratis di Kecamatan Tatah Makmur, bertempat di AULA Kecamatan Tatah Mak...

28/10/2021 Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar kembali gelar pelayanan KB gratis di Kecamatan Tatah Makmur, bertempat di AULA Kecamatan Tatah Makmur kegiatan berlangsung lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kabid Pengendalian Penduduk Seger, S.ST, M.Kes dan Kasi Bina Kesertaan KB dan Kesehatan Reproduksi Sukini, SKM dengan peserta Koordinator PKB dan Kader Desa serta perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Tatah Makmur, dalam kegiatan ini Bapak Seger selaku narasumber memberikan sosialisasi tentang 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) dan Sosialisasi Pembentukan Tim Pendamping Keluarga, beliau mengatakan 1000 HPK adalah fase kehidupan yang dimulai sejak terbentuknya janin pada saat kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari). Pada periode inilah organ-organ vital (otak, hati, jantung, ginjal, tulang, tangan atau lengan, kaki dan organ tubuh lainnya mulai terbentuk dan terus berkembang, perlunya asupan gizi pada masa kehamilan adalah semua nutrisi yang didapat bayi berasal dari ibu. Bayi “memakan” apa yang dimakan ibu. Kebutuhan gizi akan meningkat pada fase kehamilan, khususnya energi, protein, beberapa vitamin dan mineral seperti zat besi, asam folat, kalsium serta nutrisi lain untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Ibu Sukini, SKM menambahkan pentingnya pendamping keluarga guna menurunkan angka kasus stunting pada anak, besar harapan tim pendamping keluarga ini bisa memberikan pengetahuan kepada orang tua bagaimana cara pencegahan stunting ini, dengan melaksanakan sosialisasi serta memberi pengetahuan mengenai stunting ini melalui bidan desa serta kader-kader di desa tersebut.

Sekaligus memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia kegiatan ini di barengi dengan pelayanan KB gratis berupa pemasangan implant dan IUD dengan peserta terlayani sebanyak 25 akseptor implant dan 9 akseptor IUD






Arsip Blog