Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Desa Salat Makmur Jadi Locus DASHAT Pertama di Kalsel

DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting ) adalah salah satu program intervensi penurunan stunting yang mencakup edukasi perbaikan gizi dan konsu...

DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) adalah salah satu program intervensi penurunan stunting yang mencakup edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui serta balita dimana dalam program ini masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau dan bergizi baik juga pembagian makanan gratis pada kelompok sasaran keluarga berisiko stunting dan upaya pemberdayaan masyarakat untuk penyediaan makanan padat gizi dengan bahan lokal bagi kelompok sasaran ataupun masyarakat umum melalui metode kemitraan dan penjualan.

Rabu (23/3/2022) di halaman kantor Desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru DinsosP3AP2KB bersama Perwakilam BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan menggelar launching DASHAT untuk yang pertama kalinya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan dihadiri oleh Deputi KSPK BKKBN RI Nopian Andustin, SE. MT beserta rombongan juga dihadiri oleh Bupati Banjar yang diwakilkan oleh Sekda Banjar DR. Ir. Mokhamad Hilman, ST. MT, Kepala Perwakilan BKKBN Provinai Kalsel Ir. H. RAMLAN, MA, Kepala DinsosP3AP2KB Kabupaten Banjar Dra. Hj. Siti Hamidah, M.Si, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Kalsel M. Imron Rosidi, Camat Beruntung Baru Drs. Agus Muslim serta para undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Banjar yang disampaikan oleh Sekda, beliau menyatakan bahwa sesuai Instruksi Presiden RI, angka stunting di Kabupaten Banjar harus turun menjadi 14% pada tahun 2024 nanti. Sedangkan Deputi KSPK BKKBN saat memberikan sambutan sekaligus melaunching DASHAT siang itu mengatakan bahwa upaya penurunan stunting harus bena-benar membumi dan harus melakukan pendekatan dengan kearifan lokal serta memberdayakan sumberdaya lokal.

"Tim Percepatan Penurunan Stunting yang sudah dibentuk agar segera merumuskan langkah-langkah yang akan dilakukan, mencari akar permasalahan mengapa stunting itu terjadi karena masing-masing desa akan berbeda baik faktor spesifik, sensitif maupun perilaku sehingga harus diinventarisir untuk menentukan kebijakan kebijakan mengatasi stunting di wilayah kita masing masing." Pungkasnya.

Pada kegiatan Launching DASHAT hari itu, juga dilaksanakan penyerahan bantuan beras dari Perum Bulog Kanwil Kalsel sebanyak 250 kg kepada masyarakat Kampung KB Salat Makmur dalam rangka menunjang kegiatan DASHAT.

Selain itu, juga dilaksanakan pelayanan vaksinasi COVID-19 oleh UPT Puskesmas Beruntung Baru yang melayani 16 orang baik vaksinasi tahap 2 dan tahap 3 serta pelayanan KB oleh DinsosP3AP2KB Kabupaten Banjar dengan jumlah akseptor terlayani sebanyak 3 orang akseptor IUD dan 11 orang akseptor Implant.






Arsip Blog