Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Dinsosp3ap2kb Kab. Banjar Gelar Sosialisasi Bagi TKSK & Petugas PUSKESOS

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial, serta untuk meningkatkan penyampaian data yang akurat,...

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial, serta untuk meningkatkan penyampaian data yang akurat, valid dan update melalui aplikasi SIKS NG (Sistem Informasi Keluarga Sejahtera Berbasis Next Generation) yang dikembangkan oleh Pusdatin Kementrian Sosial untuk pengajuan berkas dan aplikasi DATU SOBAN (Data Terpadu Sosial Banua) yang dimiliki Dinsos Provinsi Kal-Sel dalam hal pemberian bantuan.

Maka dalam upaya meningkatkan pengetahuan  dan keahlian petugas sosial di Kecamatan, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kab. Banjar melaksanakan Sosialisasi Petugas Sosial Kecamatan bagi TKSK dan petugas Puskesos Kab. Banjar melalui Aplikasi SIKS NG dan Aplikasi DATU SOBAN pada hari Senin 14 Maret 2022 yang bertempat di aula Meranti hotel Treepark Banjarmasin.

Turut dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Kab. Banjar Ahmad Syarwani, Kepala Dinsos P3AP2KB Kab. Banjar Hj. Siti Hamidah, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Ranuwaty Rosayulinda, Kasi Data dan Informasi Sosial Sri Armella Suryani, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) H. Hasbullah Al Banjary beserta Wina Marlina, dan Dinas Sosial Provinsi Kal-Sel Andi M. Saputra.

Dengan peserta yang terdiri dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Supervisor Puskesos, dan Pendamping PKH dari tiap Kecamatan di Kabupaten Banjar.

Adapun kegiatan sosialisasi diisi dengan pemaparan materi, diskusi, dan tanya jawab sesuai materi yang disampaikan, materi yang disampaikan diantaranya tentang Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Kab. Banjar yang disampaikan oleh Hj. Siti Hamidah Kadis Sosial P3AP2KB Kab. Banjar, Kriteria Kemiskinan di Kab. Banjar oleh Ahmad Syarwani Ketua Komisi IV DPRD Kab. Banjar, Penguatan Pilar - Pilar Sosial dalam DTKS H. Hasbullah Al Banjary, Verifikasi dan Validasi DTKS Wina Marlina dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS). Pengantar dan Praktik aplikasi SIKS NG oleh tim Pusdatin Jakarta secara Virtual, serta Pengantar Aplikasi DATU SOBAN yang disampaikan Andi M. Saputra dari Dinsos Provinsi Kal-Sel.

Peserta tampak antusias dengan paparan dari tiap narasumber hingga sesi tanya jawab berakhir.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan koordinasi, integritasi, sinergi dan sinkronisasi data sosial baik PMKS, PSKS dan data dari tingkat Pusat sampai tingkat Kabupaten sebagai bentuk upaya penanganan fakir miskin, juga dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam perencanaan alokasi sumberdaya yang produktif, meningkatkan kinerja serta kepastian  dan sinergitas dalam pengolahan data kemiskinan sebagai database kegiatan penanganan fakir miskin di Kabupaten Banjar.

Diakhir acara Kabid Sosial Ranuwaty Rosayulinda mengatakan,"masih ada kegiatan untuk verifikasi dan validasi data, baik DTKS, PPKS, PBI JKN serta penerima bantuan sosial lainnya, dan sosialisasi tentang aplikasi SIKS NG dan DATU SOBAN  yang akan dilaksanakan dikesempatan berikut nya," jelasnya.






Arsip Blog