Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Orientasi Pencegahan Stunting dari Hulu dan Implementasi Elsimil di Kabupaten Banjar.

Selasa, 08 Maret 2022, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Sosial P3AP2KB Kab. Banjar melaksanakan Orientasi Pencegah...

Selasa, 08 Maret 2022, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Sosial P3AP2KB Kab. Banjar melaksanakan Orientasi Pencegahan Stunting dan  Implementasi Elsimil Tk. Kab/Kota Tahun 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Sosial P3AP2KB Kab. Banjar, dan dihadiri oleh Kementrian Agama, Dinas Kesehatan, Bappeda Litbang, Koordinator PKB Kecamatan se Kabupaten Banjar serta admin Aplikasi Elsimil Kecamatan.

Saat membuka kegiatan tersebut, Koordinator Analis Kebijakan Madya BKKBN Provinsi Kalsel Elya Harmiati, menyampaikan “untuk mengurangi angka stunting di wilayah kita merupakan tugas kita bersama, karena ini merupakan perintah langsung Presiden. Karena itu berbagai pihak yang berperan dalam hal ini diharapkan kerja samanya, salah satu upaya kita adalah melalui aplikasi Elsimil yang melibatkan unsur Tim Pendamping Keluarga yang terdiri dari bidan, PKK, dan Kader KB”, jelasnya.

Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil atau Aplikasi Elsimil adalah aplikasi yang diperuntukan kepada calon pengantin sebagai salah satu persyaratan administrasi yang harus dipenuhi untuk melanjutkan ke proses pernikahan.

”Adanya aplikasi ELSIMIL ini diharapkan dapat membantu tugas dari Tim Pendamping Keluarga dalam mendeteksi risiko stunting semenjak dari sebelum pernikahan, sehingga tujuan akhirnya adalah angka stunting di Kabupaten Banjar dapat ditekan,”tambahnya.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan paparan dari Narasumber, yaitu tentang Peran Kementrian Agama Dalam Pencegahan Stunting melalui Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin, yang disampaikan oleh H. Najwan Noor selaku Kepala Kemenag Kab. Banjar, pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Tiga Bulan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin yang disampaikan Hj. Nita Yuliana dari Dinkes Kab. Banjar, serta Materi Implementasi penggunaan aplikasi ElSIMIL disampaikan oleh Dahlia Tim IT Aplikasi ELSIMIL Perwakilan BKKBN Provinsi Kal-Sel.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung program percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Banjar dengan Semangat, Integritas yang kuat, serta kreatifitas dalam melakukan intervensi terhadap permasalahan yang dihadapi keluarga sasaran untuk menyiapkan generasi yang berkualitas dimasa yang akan datang.





Arsip Blog