Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Fasilitasi dan Pembinaan Kampung KB Berlian Guna Cegah Stunting

Dalam upaya peningkatan pembangunan nasional keluarga merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan, terutama sebagai kekuatan pembanguana...

Dalam upaya peningkatan pembangunan nasional keluarga merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan, terutama sebagai kekuatan pembanguanan nasional, dimana berakar pada elemen keluarga sebagai komunitas mikro dalam masyarakat sehingga keluarga sejahtera dan berkualitas merupakan pondasi dasar

Salah satu permasalahan yang menjadi focus pada saat ini di Negara Indonesia adalah bagaimana kita menurunkan prevalensi angka stunting di seluruh Indonesia, kebijakan yang dan program berbagai instusi / lembaga yang dilakukan sudah terarah dan berkelanjutan, namun dalam proses pelayanan yang dilakukan masih diperluakan keterpaduan.

Sesuai dengan Perpres 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dan juga bagaimana mewujudkan generasi emas di tahun 2045 dengan bertranspormasi menjadi Kampung Keluarga Berkualitas, dan secara nasional sudah disesuikan dengan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana) dengan tujuan didalam kampung tersebut tercipta masyarakat keluarga yang berkulitas dengan lokus sasaran pada desa atau pun kelurahan.

Jumat 17/6/2022 pagi, bertempat Puskesdes Desa Pesayangan Selatan Kecamatan Martapura Pertemuan Fasilitasi dan Pembinaan Kampung KB di gelar, turut hadir dalam acara tersebut dari Kementerian Dalam Negeri Direktoran Jendral Bina Pembangunan Daerah RI Zulfikar, Badan Riset dan Inovasi Nasional RI Koprianto , Kepala Dinsos P3AP2KB Kab. Banjar Hj. Siti Hamidah, Perwakilan BKKBN Prop. Kalsel.

Adapun peserta dihadiri oleh Camat Martapura, Kepala Desa Pesayangan Selatan serta Kepala Desa se-Kec. Martapura, Koordinator PKB Kec. Martapura, Pokja Kampung KB, IMP, Kader, serta tokoh agama dan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di seluruh desa baik desa yang sudah terbentuk kampung KB ataupun desa yang belum menjadi locus kampung KB agar meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya melalui program Bangga Kencana serta pembanguanan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Dalam hal ini Pemerintah Pusat mengingikan semua desa di seluruh Indonesia menjadi Kampung Keluarga Berkualitas denga masalahnya masing-masing dan kita harus selesaikan bersama-sama, dengan adanya program Kampung KB.

“Kampung KB Berlian di Desa Pesayangan Selatan berdiri pada tahun 2018 dan diresmikan oleh Bupati Banjar, dari data yang didapat ternyata Desa kami Pesayangan Selatan termasuk memiliki data Stuntingnya  randah dan alhamdulillah kegiatan-kegiatan masih berjalan dengan baik dan terimaksih kepada Pemerintah Kabupaten Banjar yang selalu mendukung desa kami dalam kegiatan-kegiatan demi kemajuan desa ”, pungkas Kepala Desa Pesayanagn Selatan M. Toha.




Arsip Blog