Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Kukuhkan Pengurus GOW Kab Banjar

Pergerakan Wanita Indonesia merupakan bagian yang  tidak dapat dipisahkan dari pergerakan bangsa Indonesia, menyadari bahwa wanita sebagai s...

Pergerakan Wanita Indonesia merupakan bagian yang  tidak dapat dipisahkan dari pergerakan bangsa Indonesia, menyadari bahwa wanita sebagai salah satu kekuatan sosial mempunyai hak, tanggung jawab dan kewajiban yang sama dengan kekuatan sosial lainnya, maka seluruh Organisasi Wanita yang berkedudukan di Kabupaten Banjar mempersatukan diri dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan wanita salah satu wadah yang diberi nama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Banjar yang terdiri dari 26 organisasi wanita yang ada di Kabupaten Banjar dengan masa bakti 3 (tiga) tahun.

GOW merupakan organisasi yang berperan dalam pengembangan perempuan yang mempunyai konsistensi dalam memperjuangkan peningkatan peran, kualitas dan wawasan kaum perempuan khususnya di kabupaten banjar. 

Tujuan dari GOW adalah meningkatkan partisipasi perempuan dalam bidang ekonomi, pendidikan, hukum, politik, kesehatan, moral dan agama serta lingkungan hidup, mendorong terlaksananya kesetaraan dan keadilan gender di segala bidang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dan menggalang persatuan dan kesatuan organisasi dalam pembangunan di segala aspek kehidupan.

Berdasarkan hal tersebut maka Bupati Banjar H Saidi Mansyur melantik dan mengukuhkan Ketua dan Pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Banjar Periode 2022-2024 di Sky Pavilion Apartment, William Tandiono Building Kertak Hanyar, Jumat (23/9/2022).

Turut hadir Kepala Dinsos P3AP2KBP3A Kab Banjar Hj Siti Hamidah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab Banjar, Penasihat Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Banjar Serta  Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Banjar Periode 2022-2024

Dalam hal ini Hj Nurgita Tyas terpilih menjadi Ketua GOW masa bhakti 2022-2024 yang dikukuhkan oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur untuk memimpin GOW selama tiga Tahun kedepan.

Dalam sambutannya Hj Nurgita Tyas menyampaikan terimakasih atas kepercayaan semua pihak untuk memimpin GOW sebagai   wadah   atau   forum   koordinasi   wanita   yang bersifat  lokal, saya  harap GOW dapat meningkatkan komitmen  dan peran bersama-sama  dengan  pemerintah untuk mengatasi permasalahan di Kabupaten Banjar, terutama dalam lingkup pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan perempuan dan anak.

“Dalam hal ini juga, Kepala Dinsos P3AP2KB Hj Siti Hamidah dan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos P3AP2KB Kab Banjar Merilu Ripner juga saya delegasikan sebagai Ketua Harian dan Sekretaris GOW, beserta seluruh pengurus lainnya mari kita bersama-sama bisa menjalankan semua program-program dari wanita untuk wanita dan selaras dengan Kabupaten Banjar yang MANIS, Maju Mandiri dan Agamis,” ungkap dia.

GOW ini sendiri terdapat 8 bidang di dalamnya antara lain Bidang Organisasi dan Kesekretariatan, Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Sosial, Kesehatan dan Kesejahteraan, Bidang Ekonomi dan Koperasi, Bidang Moral dan Agama, Bidang Hukum dan HAM, Bidang Politik dan Bidang Hubungan Masyarakat.

Melalui GOW Kabupaten Banjar ini, diharapkan bersama-sama dengan pemerintah Kabupaten Banjar dapat mengatasi isu-isu pembangunan daerah salah satunya adalah tentang stunting. “Semoga GOW dapat membantu pemerintah agar Kabupaten Banjar bebas stunting dan melahirkan generasi masa depan yang berkualitas," tutup dia.

Sementara itu Bupati Banjar H Saidi Mansyur dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah  Kabupaten  Banjar  dalam  RPJMD Tahun 2022-2024, menjadikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sebagai salah satu fokus dalam strategi mewujudkan tujuan dan misi pemerintah daerah Kabupaten Banjar. Keberadaan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) kabupaten banjar sebagai wadah tempat berkumpulnya para Wanita dan perempuan-perempuan hebat ini merupakan organisasi mitra pemerintah daerah dengan menempatkan serta memberdayakan perempuan dalam setiap program dan kegiatan demi terwujudnya visi dan misi pemerintah daerah.

“Untuk mewujudkan tujuan tersebut, kepada seluruh jajaran pengurus GOW Kabupaten Banjar harus dapat pula memberikan dukungan dan mampu memberikan ide-ide atau gagasan-gagasan yang baik dengan program kerja yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat yang tentunya harus sejalan dengan program-program kerja  yang telah disusun oleh pemerintah Kabupaten Banjar," ucap dia.

Setelah dibuka acara pun dilanjutkan dengan Musyawarah Daerah (MUSDA) GOW Kab. Banjar dengan paparan yang disampaikan Ketua GOW, Hj. Nurgita Tyas dan Kanit PPA Polda Kalsel Siti Rohayati selaku Narasumber untuk berdiskusi bersama terkait visi dan misi GOW Periode 2022-2024 kedepannya.



Arsip Blog