Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Dinsos P3AP2KB Gelar Rakor Pendandatanganan Komitmen Besama Atasi Stunting

Peningkatan kualitas manusia Indonesia salah satu misi yang tertera pada RPJMN tahun 2020-2024 dengan salah satu indikator dan target preval...

Peningkatan kualitas manusia Indonesia salah satu misi yang tertera pada RPJMN tahun 2020-2024 dengan salah satu indikator dan target prevalensi stunting pada balita yaitu 14 % di tahun 2024, untuk mencapai target nasional tersebut diperlukan suatu upaya percepatan untuk penurunan stunting.

Terkait percepatan pencegahan stunting tersebut, kita tidak hanya terpaku pada bayi yang sudah terlahir stunting, tapi juga lebih banyak fokus pada mereka yang baru akan menikah, merencanakan kehamilan dan seterusnya, sehingga kita harus mampu mengawal mereka khususnya calon ibu yang kita harapkan dapat menyiapkan kondisi yang bagus, jangan sampai ditemui kirang gizi atau anemia.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kab Banjar ketika membuka acara Rapat Koordinasi dan Penandatanganan Komitmen Bersama Camat dan Kepala KUA se-Kabupaten Banjar, Kamis (22/9/2022) siang di Aula Kantor Dinsos P3AP2KB Kab Banjar.

Ini bisa dicapai apabila semua pihak bersedia dan berkomitmen untuk saling berkolaborasi dalam berbagai program dan kegiatan secara kolaboratif dan terintegrasi sehingga dapat mengatasi berbagai faktor determinan yang mengakibatkan terjadinya stunting.

“Kami mengharapkan kepada Camat dan Kepala KUA se- Kab Banjar untuk berkomitmen bersama, dalam hal ini yang harus kita kawal adalah pernikahan, karena setiap tahun menurut data kurang lebih ada sekitar 2 juta pernikahan dan dari jumlah tersebut sekitar 80 persen akan segera hamil dan melahirkan”, harap beliau.

Dalam kegiatan tersebut juga dibacakan komitmen bersama tentang pendampingan, konseling dan pemeriksaan Kesehatan 3 bulan pra nikah sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu oleh Aulya Ricky Rimbawan selaku Analis Ketahanan Keluarga.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala BKKBN Prop Kalsel H Ramlan, Kepala Dinas Kesehatan Kab Banjar Yasna Khairina, Kepala DPMD Kab Banjar Syahrialludin , Kepala Kemenag Kab Banjar H Najwan Noor serta Camat dan KUA se-Kab Banjar.

Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan naskah komitmen bersama antara Dinas Sosial P3AP2KB, Dinkes, Kemenag, Camat dan KUA se-Kab Banjar dan disaksikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prop Kalsel, Ketua TPPS dan Kepala DPMD Kabupaten Banjar.



Arsip Blog