Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Dinsos P3AP2KB Gelar PPRG Bagi Dunia Usaha, Lembaga Masyarakat dan Perguruan Tinggi

K esetaraan gender bertujuan bukan hanya demi kepentingan kaum perempuan saja, namun juga untuk mencapai kesuksesan dan kesejahteraan pemban...

Kesetaraan gender bertujuan bukan hanya demi kepentingan kaum perempuan saja, namun juga untuk mencapai kesuksesan dan kesejahteraan pembangunan ekonomi bangsa. Begitu juga dengan mewujudkan kesetaraan gender di tempat kerja, hal ini menjadi kunci kesuksesan bagi perusahaan.

Beberapa kebijakan guna mencapai pengarusutamaan gender dan pembangunan berperspektif perempuan, di antaranya yaitu Peraturan Menteri PPPA Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyediaan Sarana Kerja yang Responsif Gender dan Peduli Anak di Tempat Kerja, serta Peraturan Menteri PPPA Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyediaan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan di Tempat Kerja.

Dinas Sosial P3AP2KB melalui bidang PPPA Kabupaten Banjar menggelar Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender bagi Dunia Usaha, Lembaga Masyarakat dan Perguruan Tinggi di Kabupaten Banjar Tahun 2022 di Aulanya, Jumat (16/9/2022) pagi.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kab Banjar yang diwakilkan oleh Kabid PPPA Kab Banjar Merilu Ripner di damping Kasi Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Ina Wangsih.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, peran dunia usaha dalam memberdayakan perempuan dapat dilakukan melalui berbagai cara, yaitu melakukan advokasi dan sosialisasi pengarusutamaan gender kepada para pegawai.

Memenuhi hak-hak ketenagakerjaan perempuan seperti hak istirahat melahirkan, keguguran, dan menstruasi, melindungi perempuan dari segala bentuk kekerasan di tempat kerja, memaksimalkan potensi perempuan untuk dapat berkembang dengan jenjang karir yang sama seperti laki-laki, memberi upah yang sama antara perempuan dan laki-laki dan melibatkan perempuan dalam pengambilan keputusan organisasi di dalam perusahaan seperti serikat pekerja.

“Saya harap kita dapat saling menginspirasi dan berbagi praktek baik dalam meningkatkan partisipasi perempuan di angkatan kerja, serta menciptakan kesetaraan dan rasa nyaman bagi para perempuan untuk mengembangkan karir dan kapasitasnya di dunia kerja, demi mencapai perempuan berdaya.”, harap Meri.

Peserta di hadiri oleh Dunia Usaha se-Kab Banjar, Lembaga Masyarakat se-Kab Banjar dan Perguruan Tinggi se-Kab Banjar, selaku narasumber turut hadir Kepala Bidang KHPK Dinas P3A Prov Kalsel Suharto.



 

Arsip Blog