Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Dinsos P3AP2KB Kab Banjar Gelar Pelatihan Keterampilan Bagi Kader UPPKS

Guna meningkatkan keberhasilan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Kabupaten Banjar memerl...

Guna meningkatkan keberhasilan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Kabupaten Banjar memerlukan dukungan dan peran serta aktif masyarakat. Kualitas Sumber Daya Manusia yang berkualitas, akan dapat mengangkat harkat dan martabat suatu bangsa.

Secara umum, usaha ekonomi produktif yang beranggotakan sekumpulan anggota keluarga akseptor yang saling berinteraksi dalam rangka meningkatkan fungsi ekonomi keluarganya demi mewujudkan kemandirian ekonomi keluarga Dinsos P3AP2KB Kab Banjar melalui bidang KB melaksanakan kegiatan Orientasi/Pelatihan UPPKS (Keterampilan Menjahit), Rabu (30/11/2022) di Aulanya.

Kegiatan di buka oleh Kepala Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah didampingi Kepala Bidang KB Alfisah, Kasi Bina Ketahanan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Jainatun Adni.

Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kab Banjar Hj Siti Hamidah mengatakan kegiatan ini sesuai dengan misi pertama dan kedua Bupati Banjar salah satunya dengan peningkatan kualitas hidup dan kualitas sumber daya manusia, serta peningkatan ekonomi yang berkualitas berbasis kerakyatan, sehingga perlu dilaksanakan kegiatan Orientasi/Pelatihan UPPKS (Keterampilan Menjahit), untuk meningkatkan kemandirian masyarakat tersebut.

“Kegiatan ini mengajak keluarga aktif bergerak dalam ekonomi produktif, mensosialisasikan pengelolaan keuangan keluarga, meningkatkan ketahanan, kemandirian keluarga dan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Pelaksana/Kader UPPKS khususnya untuk keterampilan menjahit, meningkatkan pembinaan kelompok kegiatan dan pembinaan usaha ekonomi keluarga", ucap beliau.

Sebanyak 40 orang peserta dari tiap-tiap Kecamatan ikut hadir dalam kegiatan tersebut, selaku narasumber dari Dekranasda Kabupaten Banjar M Isro Arrofiq dan Afrida Maila.

Peserta langsung belajar secara praktik untuk pembuatan kerajinan menjahit berupa tas kecil, sarung botol dan sarung tutup botol.

Dengan adanya pelatihan keterampilan menjahit dapat diaplikasikan dimasyarakat, dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi keluarga, melalui kegiatan yang berjalan secara continue, adanya kelengkapan buku anggota kelompok UPPKS, buku kegiatan kelompok UPPKS, buku kas kelompok UPPKS, buku inventaris barang kelompok UPPKS, buku produksi kelompok UPPKS serta UPPKS tersebut memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) yang didaftarkan secara online, sebagai satu syarat keaktifan kelompok UPPKS yang dikelola.



Arsip Blog