Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar

Pencanangan Kampung KB Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul

Pencanangan Kampung Keluarga Berancana (KB) di Desa-Desa Wilayah Kabupaten Banjar terus berlanjut. Kali ini pencanangan Kampung KB Tingkat ...

Pencanangan Kampung Keluarga Berancana (KB) di Desa-Desa Wilayah Kabupaten Banjar terus berlanjut. Kali ini pencanangan Kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul, Kegiatan Pencanangan Kampung KB ini sendiri dibuka oleh Wakil Bupati Banjar H.Saidi Mansyur bersama Wakil Ketua TP PKK Hj.Nur Gita Tiyas Saidi Mansyur, Selasa 19 September 2017.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Benrencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB3A) Kabupaten Banjar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Camat Astambul beserta tamu undangan lainnya baik dari Camat, Kepala SKPD, Pambakal, Jajaran PLKB, PKK Desa dan Masyarakat Desa Tambak Danau.

Dalam sambutannya H. Saidi Mansyur menjelaskan, dengan ditetapkannya Kampung KB ditingkat Kecamatan ini, diharapkan mampu memberikan pemahaman yang benar terhadap berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah kepada seluruh masyarakat, khususnya warga desa Tambak Danau yang ditetapkan sebagai kampung KB, sehingga masyarakat semakin terpacu untuk berperan aktif dalam mendukung tercapainya seluruh tujuan pembangunan Pemerintah Pusat, Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar.

Beliau berharap “Kedepannya program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga serta program terkait lainnya di setiap kecamatan menjadi semakin baik dan sukses, sehingga mengantarkan masyarakat Kabupaten Banjar menuju keluarga yang sejahtera”. “Mari kita bersama-sama melaksanakan kegiatan di kampung KB secara berkualitas dan utuh, saling menjaga sinergtitas antar sektor ditingkat jajaran. Hanya dengan cara itu, tujuan utama kita bersama dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan barokah tercapai” tambahnya.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kepala Dinas P2KBP3A Hj. Rosana Mardina, MS menyampaikan kegiatan pencanangan Kampung Keluarga Berencana ini merupakan tidak lanjut dari program nasional yang telah dicanangkan oleh Bapak Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016 di Cirebon Jawa Barat, dan harus pula diikuti oleh desa-desa di seluruh indonesia, tidak terkecuali Desa-Desa yang ada di Kabupaten Banjar. “Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan. "Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah," tambahnya.

Selain itu DP2KBP3A Kab. Banjar Bidang KB juga melaksanakan pelayanan gratis melalui Mobil Unit Pelayanan ditempat yang sama. pada rangkaian acara dilakukan penandatanganan deklarasi dukungan kampung KB oleh Camat Astambul, Pembakal Desa Tambak Danau dan Forkades Kecamatan Astambul yang disaksikan langsung Oleh Wakil Bupati Banjar, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sarana kerja petugas pembantu KB Desa, penyerahan Implan KIT kepada Bidan Desa dan penyerahan bantuan secara simbolis berupa peralatan bayi kepada tiga orang ibu hamil oleh wakil Bupati Banjar didampingi Wakil Ketua TP PKK dan Kepala Dinas P2KBP3A.

Wakil Bupati Banjar juga meresmikan PAUD Tunas Harapan, Sekretariat Kampung KB dan kelompok kegiatan desa tambak danau yang ditandai dengan pembukaan papan nama. Kampung KB sendiri, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB. Dan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu.







Arsip Blog